Sabtu, 03 Maret 2012

Kumpulan-Kumpulan Software Multimedia

Kumpulan-Kumpulan Software Multimedia
oke di lihat dari judulnya yaitu kumpulan, tentunya di tulisan kali ini adalah mereview sekumpulan/banyak software multimedia baik yang berbayar maupu open source. disini akan dibagi yaitu 25 software yang berbayar dan 25 software yang open source. yah walaupun akan begitu banyak tulisannya dan membuat pusing membaca nya. tapi inilah tugas yang di berikan.
okeh disini saya akan menulis sesie pertama yaitu 25 point, yang dimana 25 point itu adalah software multi media open source.

 ini dia 25 software multimedia open source.


1. Winamp
Winamp. yah software open source ini berupa software pemutar audio, tp kini winamp pun ada yang versi berbayarnya.
Winamp adalah sebuah freeware gratis yang mempunyai fungsi dasar untuk memutar musik dan video juga bisa. Akan tetapi, dengan plug-in yang tepat kita bisa mengubah player musik WinAmp menjadi program multiguna untuk bertukar musik di Internet, meng-copy CD, mengoperasikan TV, dan pekerjaan lainnya. Tak ada yang tak mungkin, dan semuanya gratis.
Untuk segala kebutuhan di atas Anda tidak perlu mengganti player. Dengan tool-tool yang disediakan di situs WinAmp, kita dapat memperluas WinAmp 5.0 dengan banyak fungsi lain. Berbeda dengan player dari Microsoft atau Apple, WinAmp mengandalkan standar terbuka, sehingga dapat dikembangkan sesuka hati.
Dengan trik dan tool tertentu, WinAmp dapat me-ripping ke MP3, menjadi alat bursa tukar musik di Internet, bahkan bekerja sama dengan iPod.

2. Aimp3
AIMP adalah audio player gratis (freeware) dibuat oleh Artem Izmaylov yang berkewarganegaraan Rusia. Maka sebenarnya nama dari audio player ini, AIMP, merupakan kepanjangan dari Artem Izmaylov Media Player. Sejarah singkatnya AIMP awalnya adalah proyek pribadi Artem dengan nama AIMP MMC Pro, lalu setelah beberapa lama proyeknya tiba-tiba berhenti, dan pada 8 Agustus 2006, Artem kembali meneruskannya dan berganti nama menjadi AIMP Classic. Dan tepat setahun yang lalu (8 Agustus 2006) menjadi AIMP/ AIMP2 dengan update besar pada bagian tampilan, dan engine yang ditulis ulang. Sampai sekarang player ini tetap aktif dikembangkan dan diupdate secara rutin untuk terus ditingkatkan fitur-fitur dan kemampuannya oleh tim pengembang AIMP.
Software gratis ini mendukung berbagai macam format file audio seperti MP1, MP2, MP3, MPC, MP+, AAC, AC3, OGG, FLAC, APE, WavPack, Speex, WAV, CDA, WMA, S3M, XM, MOD, IT, MO3, MTM dan UMX.

3. Xmms
Ya xmms juga adalah software pemutar audio juga tp beda dengan software yang anda kenal sebelumnya, yang dibedakan dari xmms ini adalah software pemutar audio untuk di linux, yah tentu saja di pakai dilinux. Bagi anda yang sudah familiar dengan software pemutar audio winamp, anda tidak akan asing lagi melihat interface software xmms tersebut, dan akan cepat akrab dengan xmms disebabkan oleh GUI = Graphical User Interface (antarmuka grafis) yang sama dengan Winamp. Ini bukan berarti bahwa XMMS adalah port Winamp dari Windows ke Linux atau dengan kata lain Winamp yang kodenya ditulis ulang ke Linux. Program XMMS ditulis dari nol dan berlisensikan GPL, dengan kata lain gratis dan bebas disebarluaskan.


4. Jet audio
JetAudio - adalah pemutar musik dan file video serbaguna, ripper, konverter, dll, singkatnya, semua dalam satu paket. Program ini mendukung hampir semua format musik, dapat memutar MP3, MP2, WAV, MID, AUDIO NYATA / VIDEO, S3M, MOD, MPG, AVI, MOV, Video / Audio CD, RealPlayer G2 dan beberapa format lain file multimedia. Memungkinkan Anda untuk merekam CD audio, atau menyalin isinya ke hard drive Anda. Hal ini dimungkinkan untuk memaksakan pada komposisi berbagai efek yang mendukung sinkronisasi untuk karaoke, ada equalizer, format converter, tag editor, crossfading, sub judul, dll

Fitur :

* Dukungan penuh untuk file format WAV, MP3, MP3Pro, OGG, WMA, MPG, AVI, WMV, MIDI, RM
* Mengkonversi file dari satu format ke format lainnya
* Membakar CD
* Built-in visualisasi
* Editor tag dalam MP3, OGG, dan WMA format
* DVD playback
* Kemampuan untuk menyinkronkan file untuk fungsi karaoke

Audio Format :

* Windows Suara (WAV)
* MPEG Audio (MP1, MP2, MP3) termasuk MP3Pro
* MPEG Audio Playlist (PLS, M3U)
* Windows Media Audio (WMA)
* Ogg Vorbis Audio (OGG)
* Apple Audio (AIF dan AIFF)
* SUN Audio (AU dan SND)
* RealMedia (RA, RAM, RM, RMM)
* MIDI (MID, RMI dan KAR)
* IMS (Modul Karaoke)
* Modul Format (MOD, S3M, XM, MTM, STM, TI, ULT, 669, ADIL, MED, MDL, MDL, NST, dan WOW Okt)
* Monyet Audio (APE)
* Musepack Audio (MPC)
* Free Lossless Audio Codec (FLAC)
* Speex (SPX)
* Benar Audio (TTA)
* WavPack Audio (WV)

Ditambah fitur VX :

* Mengkonversi file video ke format yang berbeda
* Fungsi pengkodean MP3/MP3Pro file
* Efek audio tambahan (BBE dan BBE VIVA)
* Fitur audio Lanjutan (32-bit, DRC dan Dinamis Limiter)
* Enhanced merekam (Detector Diam, EQ, Rendah / Tinggi / Band Pass Filter)
* Peralatan khusus Tambahan (Pemangkas Audio, Audio Mixing Recorder)

5. Mozilla
Mozilla firefox ya pasti anda sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Mozilla Firefox adalah sebuah program browser seperti Internet Explorer. Tetapi Mozilla Firefox memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Internet Explorer.
Contoh saja, pada Internet Explorer tidak memiliki fasiltas memblock pup up atau menutup sebuah site yang meminta mendownload sebuah program.
Ketika memcoba program Mozilla Firefox, keunggulan pada program browser ini mampu menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh Internet Explorer.
Fitur lain, adalah download manager. Pada IE biasanya untuk mendownload sebuah file, maka program akan membuat sebuah windows khusus untuk melihat proses download. Sedangkan dengan IE, proses download ditampilkan dengan beberapa Windows. Tidak itu saja, Mozilla Firefox mengijinkan penguna untuk melakuakn resume dan suspend prosed download.

6. Google chrome
Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap – cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur – unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar – benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu.
Ini baru sebuah permulaan. Google Chrome adalah masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai di diskusikan untuk lebih luas lagi. Mereka bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.
Keunggulan google chrome :
Ringan
Space lega
Intuitif
Pencarian teks (up to date)
Satu kotak untuk semua
Control kerusakan
Mode penyamaran
Penelusuran aman

7. Opera
Opera merupakan salah satu dari tiga browser yang paling banyak digunakan di dunia. Opera kali pertama diluncurkan pada tahun 1996 sebagai shareware. Kala itu Opera 2.0 adalah satu-satunya lawan yang tangguh bagi Internet Explorer, karena bukan hanya interface-nya saja yang berbeda namun fungsi yang dimiliki browser ini sangat beragam. Ambil saja contoh fungsi tabbed browser yang saat ini digunakan oleh kebanyakan browser. Opera adalah browser pertama yang meng aplikasikan fungsi ini ke dalam browser-nya.
fungsi yang ditambahkan adalah adanya tampilan secara thumbnail dari tab yang ingin Anda buka. Caranya cukup dengan memindahkan kursor mouse ke tab yang Anda inginkan, kemudian isi dari tab tersebut akan muncul dalam bentuk thumbnail.
Pada interface dari Opera tersebut, di sisi sebelah kiri disediakan side bar yang bisa tampil saat Anda mengarahkan kursor mouse ke sisi kiri dari Opera. Saat Anda klik, side bar tersebut akan muncul dan menampilkan beberapa tombol shortcut dari bookmarks, history, widgets, notes, transfer, dan links. Fungsi tambahan yang cukup menarik dan membantu untuk Anda yang membutuhkan akses tombol-tombol tersebut secara cepat.
Beberapa fungsi baru yang bisa Anda temukan saat menggunakan Opera 9.0 antara lain adalah:
- Content Blocking atau yang biasa dikenal dengan AdBlock.
- BitTorrent terintegrasi.
- Opera Widgets.
- Kemampuan untuk membuat search engine dari textfi eld.
- Site Spesifi c Preferences (pop-up blocking, cookies, scripts, user style sheets, useragent masking).
- New Installer. Tersedia dalam 30 Bahasa.
- Integrated Source Viewer.
- Untuk advanced setting confi guration cukup ketikkan perintah opera:config.
- Tampilan thumbnails untuk setiap tab saat Anda meletakkan kursor mouse di atasnya.

8. OpenOffice
OpenOffice.org adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnyaterdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar kerja (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, webeditor, database, dan formula editing.
OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya. OpenOffice.org dikembangkan oleh komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystems.
OpenOffice.org Writer membantu penulisan segala macam dokumen. Kita dapat membuat surat pribadi, formulir, brosur, fax, dan bahkan sampai manual profesional. Fasilitas pemeriksa ejaan yang bagus dapat kita gunakan, sehingga meminimalkan (atau bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen. Kita juga dapat menggunakan fasilitas autoCorrect yang dapat membetulkan kesalahan secara otomatis. OpenOffice.org menyediakan fasilitas navigasi yang baik dan mudah digunakan,sehingga mempermudah penjelajahan dokumen yang sangat panjang.
OpenOffice.org Writer menyediakan banyak templete untuk berbagai tujuan, sehingga dapat mempercepat pembuatan dokumen khusus yang sering dibuat. Kita juga dapat membuat templete sediri apabila jenis templete untuk dokumen yang ingin kita buat belum ada, atau kita juga bisa memodifikasi templete yang sudah ada.

9.        9. GIMP
GIMP adalah multi-platform tool manipulasi foto. GIMP adalah akronim untuk Program Manipulasi Gambar GNU. GIMP cocok untuk berbagai tugas manipulasi gambar, termasuk retouching foto, komposisi gambar, dan gambar konstruksi.
GIMP memiliki banyak kemampuan. Dapat digunakan sebagai program paint yang sederhana, seorang ahli kualitas foto retouching program, sebuah sistem online batch processing, sebuah produksi massa renderer gambar, gambar format converter, dll.
GIMP dapat dikembangkan dan extensible. Perangkat ini dirancang untuk dikembangkan dengan plug-in dan ekstensi untuk melakukan hampir segala hal. Advanced scripting interface yang memungkinkan semuanya dari tugas sederhana hingga prosedur yang paling rumit untuk manipulasi gambar.
software tersebut bisa di download di www.gimp.org


 10.Scribus
Scribus adalah sebuah aplikasi publising opensource yang cukup lengkap seperti OpenOffice. Dengan fitur export pdf-nya, OpenOffice memungkinkan kita membuat file pdf dari dokumen kita tapi sayangnya banyak kekurangan dan bug yang menyertainya. Maka kembali ke Scribus yang telah menjadi pilihan tepat. Selain mendukung PDF, Scribus bisa mengimport file gambar (tentu saja), SVG, Postscript, dan banyak fitur lainnya.
Scribus menekankan bahwa dirinya bukanlah sebuah ‘word processor’, tidak mengelompokkan diri dengan aplikasi officesuite lainnya. Tapi Scribus adalah sebuah ‘page layout’ program.

1      11.Blender
Blender merupakan software untuk membuat gambar dan modeling 3D berbasis open source apllikasi ini sangat pamiliar bagi kalangan pengguna linux para designer 3D. Software tersebut Bisa di download di  www.Blender.org






1      12.Inkscape
Inkscape Merupakan Software yang merupakan saingan terberat dari coreldraw. banyak para designer profesional yang menggunakan inkscape, mungkin karena inkscape memiliki fitur yang lebih bagus apalagi kalo di kombinasikan dengan adobe ilustrator pasti lebih krens abis buat para designer. software tersebut  bisa di download di www.inkscape.org



1      13.Media Player Classic
Media Player Classic adalah media player yg paling ringan untuk Windows. MPC sdh dilengkapi player DVD built-in dgn real-time zoom-nya, support untuk AVI subtitle, QuickTime & RealVideo (butuh plugin QT &/atw Real Player), dan banyak lagi lainnya.

Kelebihan: MPC bisa dibilang pengganti Windows Media Player yg asyik. Support dgn banyak file2 media populer.
Kekurangan: Emmm, susah cari kekurangan di MPC. Mungkin cuma masalah kecepatan playing-nya saja yg sedikit mengganggu.



1      14.Mail client
E-Mail client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda. Saat Anda tidak terkoneksi dengan internet, Anda dapat membaca e-mail – e-mail yang telah di download tersebut.

1      15.MPUI - The MPlayer Frontend
MPUI adalah MPlayer berbasis GUI yg mudah dipakai, player multimedia opensource yg powerful & tanpa perlu instalasi. MPUI bisa memutar ratusan format video dan audio, termasuk MPEG-1, -2 and -4 (DivX), H.264, MP3, Ogg Vorbis dan AAC. Untuk kebanyakan file2 media tsb, tdk perlu lg instal codec.
Kelebihan: Ukurannya kecil, cuma sekitar 3.5 MB. Tanpa instalasi, cacat digital, ataupun codec. Bisa juga untuk file2 video yg didownload.
Kekurangan: Masih versi beta.
Update: Pengembangannya sdh tdk dilanjutkan lg, tdk support untuk Aero glass di Windows 7. Namun bagus untuk WinXP dkk.

1      16. Gom player
Gom merupakan media player multi fungsi sebagai media pemutar segala file
GOM Player mencakup banyak codec (XviD, DivX, FLV1, AC3, OGG, MP4, H263 dan lainnya) sehingga Anda tidak perlu menginstall codec terpisah untuk banyak video. Bagi mereka yang membutuhkan video codec yang terpisah, GOM Player akan menemukannya.





1      17.RulesPlayer
rulesPlayer adalah player GUI untuk MPlayer yg mudah dipakai di Windows. Player yg satu ini dibuat dlm format D dan DWT dan support untuk berbagai file2 media populer (AVI, 3gp, ASF, FLV, Matroska, MOV QuickTime, MP4, NUT, Ogg, OGM, RealMedia, DivX, dll) yg disupport bermacam codec2 asli XAnim, dan Win32 DLL. Anda bisa memutar VideoCD, SVCD, DVD, 3ivx, DivX 3/4/5 bahkan bisa menonton sambil mendowload filmnya.
Kelebihan: rulesPlayer mendukung hampir semua file2 video yg ada (Real Media, Quicktime, DivX dll.) tanpa menggunakan codec pack. rulesPlayer jg memiliki menu dan hotkey basic untuk memudahkan agan mengakses fungsi2 playback-nya.
Kekurangan: Mesti punya koneksi internet yg cepat karna secara otomatis player ini akan mendownload codec2 yg dibutuhkannya.
Update: pengembangan rulesPlayer sdh hampir tdk dilanjutkan lg, meski player ini bagus untuk XP, sayangnya tdk mendukung fitur AERO di Windows 7.

1      18.SPlayer
SPlayer adalah media player open source yg sederhana, yg mendukung semua format2 media populer, termasuk DVDRip, HDTV, RMVB, QuickTime, MPEG-2, MPEG-4, AC3/DTS, VP3/6/7, Indeo, XVD, OGG / OGM, APE, FLAC, TTA, AAC, MPC, 3GP/AMR, & subtitle. Bisa memutar file2 video yg 'incomplete/broken'. Support akselerasi GPU. Bisa dioptimalkan untuk GPU SSE2 SSE3 MMX multi-core, dll.
Kelebihan: SPlayer bisa memutar banyak format2 video & audio yg populer, sama seperti Blu-Ray dan DVD. Tersedia versi portablenya dgn interface yg simpel dan ciamik.
Kekurangan: Ada bagian interface-nya yg msh dlm resource bahasa lain.
Update: Pengembangan proyek SPlayer cukup aktif belakangan ini. Banyak fitur2 sdh ditambahkan begitu jg versi portable-nya.

1      19.   The KMPlayer  
The KMPlayer  adalah media player serbaguna yg yg mendukung bermacam format kontainer video seperti VCD, DVD, AVI, MKV, Ogg Theora, OGM, 3GP, MPEG-1/2/4, WMV, RealMedia, & QuickTime.
Kelebihan: Interface yg elegan & menarik; support dgn banyak tipe media. Setting-nya lengkap disertai tweak2 & option2.
Kekurangan: -. Mungkin cuma installer-nya saja yg sedikit mengganggu.

2      20.   Web
Nah tools multi media yang satu ini pasti dah gx asing lg bagi kalian.ya web site.
Pasti bagi kalian yang pengguna computer khusus nya menggunakan internet pasti gx asing lg dengan yang nama nya web.ada yang tau pengertian website.?
Ya saya mau sdikit nulas nulis tentang website
Pengertian website
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link. Maka dari itu website adalah termasuk tools dari multimedia.

2      21.   Mobile Media Converter
Software bernama Mobile Media Converter ini adalah sebuah aplikasi atau program video / audio converter open-source gratis untuk desktop PC, untuk mengkonversi berbagai format multimedia populer seperti MP3, Windows Media Audio (wma), Ogg Vorbis Audio (ogg), Wave Audio (wav), MPEG video, AVI, Windows Media Video ( wmv), Flash Video (flv), video QuickTime (mov) dan juga berbagai format file media yang umum digunakan di perangkat mobile / ponsel seperti format audio AMR (amr) dan video 3GP. Selain itu juga mendukung format video MP4 untuk iPod / iPhone dan PSP. Di luar itu, kita bisa juga menghapus atau menambahkan dukungan format/perangkat baru melalui internet.

2      22.   Adobe Flash Player
Adobe Flash Player adalah salah satu plugin wajib jika kita suka berintenet ria. Walaupun filenya installnya kecil, namun fungsinya sangat bermamfaat. Dengan memakai adobe flash player, kita dapat memutar video internet.
Berikut Fungsi Adobe Flash Player secara Lengkap :
Untuk memutar file video flash yang berformat .swf yang dipasang di situs game
Dengan Adobe Flash Player kita bisa chat yahoomail, facebook dll
Untuk menampilkan video streaming
Mendownload video youtube DLL.


2      23.   Minilyrics
Minilyrics v7.3.926 With Loader merupakan software plugin yang dapat digunakan pada semua software media player seperti Winamp, Windows Media Player, dll. Fungsi plugin Minilyrics v7.3.926 With Loader ini adalah untuk menampilkan lirik lagu ketika kita memainkan sebuah lagu. Namun untuk menjalankan plugin ini sobat harus terhubung dengan internet karena sistem kerja Minilyrics v7.3.926 With Loader yaitu mencari kemudian mendownload lirik sesuai dengan lagu yang dimainkan kemudian menampilkannya.

2      24.   RadLight
RadLight adalah media player yg dilengkapi dgn varietas multimedia yg luas dan beragam, termasuk konten2 seperti DivX, video DVD (butuh plugin third-party) atau AAC/MP4 audio.
Kelebihan: Interface GUI-nya yg model jadul mirip dgn Media Player Classic. Versi gratisnya sdh dilengkapi FFDSHOW.
Kekurangan: Versi PRO-nya tdk gratis krn ditambahi iklan.
Update: Pengembangannya sdh tdk dilanjutkan lg tp masih asyik dipakai. Jangan tertipu dgn tampilan Classic Old style-nya. RadLight msh harus disempurnakan untuk Windows 7 bahkan untuk versi2 terakhirnya.

2      25.   ALPlayer
AlPlayer (dikenal jg dgn ALShow) adalah video player yg sdh mengikutkan codec2 standar didalmnya untuk memutar bermacam video. AlPlayer akan mendownloadkan codec langsung dari 'ALPlayer Codec Center' dan menginstalkannya untuk anda jika ada codec video yg dibutuhkan.
Kelebihan: Media player yg mini, asyik, sekaligus powerful. Bisa memutar video apa saja tanpa masalah.
Kekurangan: Hampir tidak ada, klo anda cari media player untuk komputer2 lama anda seperti XP atau Windows 2000, AlPlayer adalah solusi yg bagus. Jangan salah, ALPlayer berbeda dengan ALLPlayer.


TULISAN SELANJUTNYA MENYUSUL DIKARENAKAN MASIH BANYAK LAGI HEHE

0 komentar:

Posting Komentar