Kamis, 15 Maret 2012

Kumpulan-Kumpulan Software Multimedia Part 2

jeng jeng..kembali lagi di kumpulan-kumpulan software multimedia. yah ditulisan sebelumnya saya menulis tentang yang sama yaitu software multimedia, tetapi disini saya akan menuliskan tentang software multimedia yang berlisensi/berbayar, karna yang sebelumnya saya menuliskan tentang software multimedia yang open source. okeh kita langsung ke topik sapalas,ups topik bahasan.
ini dia 25 software multimedia berlisensi

1.microsoft office word
yah siapa yang tidak kenal dengan microsoft office. software ini keluaran dari microsoft. berfungsi sebagai alat ketik bisa di sebut juga mesin tulis,heu. software ini sebenarnya satu paket dengan power point dll, tetapi disini saya akan pecah-pecah software microsoft officenya.

2.microsoft office power point
Software Microsoft PowerPoint sangat berguna dalam mendukung kesuksesan sebuah presentasi. Dalam Microsoft PowerPoint, kita dapat memasukkan elemen-elemen seperti gambar atau movie, yaitu salah satu elemen yang sangat mudah untuk dimengerti oleh audience.

3.microsoft office excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System.

4.Microsoft acces
igunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP).

5.Microsoft info part
mempunyai fungsi yaitu kemampuannya untuk membuat dan menampilkan dokumen XML dengan dukungan terhadap skema XML yang didefinisikan sendiri. Aplikasi ini juga dapat dikonfigurasikan agar dapat terhubung terhadap sistem eksternal dengan menggunakan XML Web Services melalui Microsoft XML Parser (MSXML) dan SOAP Toolkit.

6.Microsoft outlook
mempunyai fungsi yang unik. Fungsi ini biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment surat-e. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara ini adalah Melissa dan Sobig.

7.Microsoft publisher
mempunyai fungsi yaitu digunakan untuk Desktop publishing.

8. Photoshop
Oke next kita beralih ke tools multimedia yang berkaitan dengan gambar atau photo. Pasti bagi anda yang Bila aktifitas banyak bersentuhan dengan foto pasti tau dengan tools multimedia yang satu ini.,? Ya photoshop. Photoshop adalah software dari adobe yang bergelut d dunia editing photo. Pengertian simple photoshop adalah adalah sebuah software yang dapat di gunakana untuk mengedit sebuah gambar menjadi terlihat mengesan kan, dan photoshop juga dapat di jadikan sebuah lomba mengedit photo.,.hehe.,kalo yang lebih mecing nya lagi adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
Contoh-contoh kegunaan photoshop yang sering d gunakan oleh kita sebagai berikut :
1. Graphic Designer
2. Web Designer
3. Photo Grapher
4. Public Speaker
5. Secretary
6. Stundents
7. Hobbyst
Versi-versi adobe photoshop
Photoshop 5, 6, 7, 8, cs2, cs3, cs4, dan yang terbaru adalah adobe photoshop cs5.

9.Corelldraw
Nah tools multimedia yang satu ini buat desain grafis/gambar yaitu corell draw. Corel draw adalah sebuah program komputer untuk melakukan editing pada garis vektor. Progam ini diproduksi oleh Corel, yaitu sebuah perusahaan software yang pusat pengembangannya berada di Ottawa, sebuah nama kota di negara Kanada. Karena kegunaan corel draw sebagai alat untuk pengolahan gambar, maka program ini sering digunakan untuk menyelesaikan perkerjan di bidang publikasi atau percetakan maupun bidang yang lain yang butuh proses visualisasi.
Keunggulan Program Corel Draw
Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh program corel draw antara lain :
· Gambar yang berbasis pada vektor bisa ditekan hingga pada tingkat terendah, namun kualitas yang dihasilkan juga setara dengan gambar yang berbasis pada bitmap atau raster.
· Kegunaan corel draw terutama pada tool-toolnya juga mudah dipahami oleh setiap penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama kali menggunakannya.
· Dibandingkan dengan photoshop, corel draw juga tidak kalah bila digunakan untuk mengkolaborasi antara tulisan dengan gambar.
· Komunitas dari pengguna corel draw ini sangat banyak, sehingga kita juga tidak akan kesulitan ketika ingin mempelajari corel draw dan cara pengoperasiannya secara lebih mendalam. Demikian pula dengan buku tutorialnya, sangat mudah ditemukan dan jenisnya juga bermacam-macam.
Kegunaan dari corel draw
Kegunaan corel draw itu sebenarnya sangat banyak, bahkan bisa dikatakan tidak terbatas. Namun oleh para penggunannya, program ini sering dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan yang antara lain :
· Menciptakan desain simbol atau logo
Ini adalah kegunaan corel draw yang sering dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama gambar logo dua dimensi.
· Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain
Kegunaan corel draw yang lain adalah untuk menciptakan desain undangan (pernikahan, khitanan, dll) atau brosur dan media publikasi lainnya. Selain itu corel draw juga memiliki banyak jenis font sehingga akan memudahkan para desainer untuk mengeksplorasi desain atau bentuk tulisan yang akan dibuat.
· Membuat cover buku
Para pembuat cover buku atau majalah saat ini juga sering memanfaatkan kegunaan corel draw untuk kemudahan desain tugas-tugas mereka. Karena corel draw juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan desain sampul dengan teknik perwarnaan yang lebih sempurna. Detail gambarnya juga bisa lebih jelas terlihat.
· Membuat gambar ilustrasi
Para pembuat gambar ilustrasi juga tidak mau kalah dalam memanfaatkan kegunaan corel draw. Karena gambar yang dihasilkan bisa lebih berkualitas. Terutama ketika melakukan perhitungan tentang besaran derajat lengkung, garis atau sudut. Demikian pula untuk membuat garis atau bidang yang datar. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat tepat dan akurat.

10.AutoCad
AutoCAD merupakan sebuah perisian yang biasa digunakan untuk tujuan am dalam merekabentuk serta melakar dengan berbantukan komputer dalam pembentukan model serta lakaran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Perisian ini boleh digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan kepakaran seperti bidang kejuruteraan Mekanikal, Awam, Senibina, Rekabentuk Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD.
Sistem perisian lukisan terbantu komputer ini akan membekalkan kemudahan dalam penghasilan model yang tepat untuk memenuhi keperluan piawaian di samping segala informasi di dalam lakaran boleh digunakan dalam bentuk laporan, Penilaian Baham (BOM), kaedah kawalan dan numerical dan sebagainya. Dengan bantuan sistem ini dapat menghasilkan sesuatu kerja pada tahap kecekapan dan yang tinggi ketepatan di samping menjimatkan masa dengan hanya perlu memberi beberapa arahan yang mudah.
Lukisan yang dibentuk melalui perisian ini boleh dipindahbentuk untuk kegunaan perisian grafik yang lain melalui beberapa format seperti DXF ( Data Exchanged File), IGES, dan SLD. Tambahan pula berbantukan perisian ini juga, berkemampuan untuk membentuk dan menganalisa model pepejal dalam kerja-kerja rekabentuk kejuruteraan. Untuk memenuhi keperluan yang lebih canggih, perisian ini mampu membawa pengguna mengautomasikan kerja-kerja penggunaan pengaturcaraan sokongan seperti LISP, dan ADS untuk membentuk arahan tambahan tersendiri.
Sebelum sesuatu kerja dilakukan, asas mengetahui sesuatu sistem perkomputeran beroperasi adalah penting bagi memudahkan segala kerja yang dilakukan supaya tidak timbul sebarang masalah sama ada sebelum atau selepas penggunaan sistem tersebut.Oleh itu, perkara asas yang perlu diketahui sebelum pengendalian sesuatu komputer adalah seperti pengetahuan dalam penggunaan sistem operasi (operating system), penggunaan “hardware” dan “software”.

 11.paint
software ini adalah software bawaan dari windows, yah bawaan dari windows tentunya software ini ini software berbayar karena windowsnya saja berbayar. software ini berfungsi sebagai tools untuk membuat gambar atau tulisan.

12.windows media player
yah software ini pun adalah software bawaan windows juga,namanya saja sudah ketauan, software ini adalah software multimedia pemutar audio,namun software ini juga bisa memutar video.

13. internet explorer
yah software satu ini adalah software browser sama seperti mozilla dll, tetapi software ini adalah software bawaan dari windows.

14.worpad
software yang satau ini hampir sama persis seperti microsoft word, fungsingya pun sama,tetapi software yang satu ini adalah bawaan dari windows juga.

15.Dreamweaver
Seorang web desainer pasti memerlukan suatu software yang dapat menolongnya dalam mendesain dan membangun suatu situs web. Software semacam ini biasanya disebut  web authoring software, dan salah satu software dalam jenis ini adalah Macromedia Dreamweaver.
Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.

16.Audacity
Merupakan salah satu software edit Audio yang memliki fiktur yang sangat engkap untuk membantu mengedit audio dengan mudah.
Software Multimedia ini  berpungsi untuk mengedit,memainkan,atau pun merkam lagu atau mp3,software ini dapat memotong,mengcopy berbagai macam lagu dan dapan di gabung menjadi satu.
software Audacity juga dapat memberu Efek pada sound baik itu penambahan bass atau pun removing noise.

17.Cool Edit Pro
Cool Edit Pro merupakan Salah satu software yang digunakan untuk meng edit suara (editing sound) dengan bermacam-macam extensi file suara. Software ini lebih mudah dioperasikan daripada software editing sound yang lainnya.Di dalam cool edit pro banyak terdapat menu effect. Cool Edit Pro juga dapat membuat Suara rekaman yang bisa disisipi lagu atau istilahnya backsong.

18.Microsoft Visio 
 Adalah sebuah program Diagram komersial untuk Microsoft Windows yang menggunakan Grafik vektor untuk membuat diagram.

19.Artisteer
Artisteer merupakan software untuk membuat template suatu blog/site yang paling gampang dengan hasil sangat bagus.
Dengan program ini, seseorang tidak perlu sedikitpun mengetahui bahasa pemrograman untuk membuat suatu layout blog profesional. Cukup klik dan drag saja, maka jadilah template yang bagus.
Untuk pemasangan dalam blog kita pun sangat mudah, kita tinggal mengekspor / memasang hasil buatan template.
Artisteer sudah mendukung Blogger, Wordpress, Joomla!, Drupal dan banyak lagi.

20.Melodyne
Melodyne adalah software buatan sebuah perusahaan Jerman, Celemony (http:// www.celemony.com). Saat ini software tersebut diakui sebagai software editing audio terbaik. Memang software ini bukan software audio editing multi-purpose seperti Sound Forge, Wavelab, Adobe Audition dan sebagainya yang serba bisa. Meskipun begitu, Melodyne mempunyai keunggulan dalam menangani masalah pitch dan rhythm suatu data audio.
Melodyne dapat mendeteksi nada setiap not dalam file audio bahkan bisa mengubahnya menjadi not berbeda (fungsi transpose) tanpa kelemahan. Hal ini terlihat dari kualitas hasil transpose yang tetap bagus. Kita pun dapat melakukan transpose yang ekstrim, misalnya lebih dari dua oktaf. Ini dimungkinkan berkat teknologi ‘Local Sound Synthesis’ yang ditemukan Melodyne
Kebanyakan software audio editing lainnya memang dapat membuka file audio, tetapi software itu sendiri sebenarnya ‘tidak mengerti’ apa isi data tersebut. Kita sebagai pemakai harus menebak sendiri, baik dari gambar waveform atau dari bunyinya, not apa yang sedang kita edit. Berbeda dengan Melodyne, saat kita membuka suatu file audio, dia akan mendeteksi nada dan ritmik file audio tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk memanipulasi nada maupun ritmik suatu data audio dengan sebebas-bebasnya. Kelebihan lainnya, hasil editing kita tetap mempunyai kualitas audio yang sebagus aslinya.

21.WEBcamemax
Adalah sebuah software yang berfungsi sebagi pengambilan gambar/foto dan bahkan webcamemax ini bisa di guankan sebagai software untu mengedit/merubah-rubah gambar.karana di dalam softawre ini sudah tersedia tools-tools yang bias di guankan untuk mengedit gambar.

22.Steinberg Nuendo
Nah sobat semua dah ada yang tau belum software yang satu ini,.,? Steinberg Nuendo,.,? ko bias masuk dalam kategori tools multimedia sih,.,?

Ya steinberg nuendo yang akrab di kenal dengan nuendo ini adalah software editing audio, lebih jelas nya lagi adalah software rekaman. Nuendo pun gx kalah hebat dengan software rekaman lain nya seperti vegas, Fruity loops, n-track dll. Buat kalian yang sering nguprek d dunia music pasti gx asing lagi dengan software yang satu ini. Tp klo bagi kalian yang awam saya akan sedikit ngejelasin tentang nuendo ne, walau sdikit,,hehe

Steinberg Nuendo adalah salah satu software yang paling sering digunakan oleh studio rekaman untuk melakukan proses tracking, editing dan mixing. Namun, kini teknologi telah berkembang. kamu tidak perlu lagi ke studio rekaman dan harus mebayar mahal. Karena proses Home recording telah menjamur dan menjadi trend saat ini. Dengan software ini kamu dapat mempelajari dan melakukan sendiri semua proses yang dilakukan oleh para sound enginer studio musik di rumah (kamar) kamu sendiri.

Features :

· State-of-the-art digital audio production environment

· Crystal-clear 32-bit audio engine with full surround throughout

· Faster, more efficient workflow with dedicated tools, options and features

· Complete set of next-generation VST3 surround effect plug-ins

· Utilizes best available audio and computer hardware and plug-ins, including Advanced Integration of Steinberg and Yamaha hardware

· Advanced new automation system for full control

· Powerful Control Room integrates into any monitoring setup

· Innovative Network Collaboration for multi-seat projects via LAN or WAN

· Full project exchange with other leading audio and video editing systems

· Cross platform for latest Windows and Macintosh operating systems

Nah software steinberg nuendo ini juga yang di gunakan banyak artis-artis terkenal seperti

· Agnes Monica

· Ahmad Dhani DEWA

· Catur FREZIA

· Denny "SABILA" Chasmala

· Eross SHEILA ON 7

· Fish TELEPHONE

· Hardian MATERA

· Iwang MODULUS

· Joseph Setiawan Djafar

· Levi THE FLY

· Tya Subiakto, TNT ORCHESTRA

· Viky Sianipar

0 komentar:

Posting Komentar