Senin, 11 Juni 2012

Instalasi moodle


Cara instalasi paket Standard Moodle Distribution adalah sebagai berikut:
Ekstraklah file moodle-x.x.tgz atau moodle-x.x.zip dan simpan dalam directory untuk aplikasi moodle pada web server Anda.
Siapkanlah sebuah database MySQL untuk aplikasi moodle.
Contoh:
mysql> create database moodledb;

Jalankan aplikasi untuk instalasi yang disediakan oleh moodle yaitu file install.php
Ex:
http://localhost/mymoodle/install.php

Pada awal proses instalasi akan ditampilkan sebuah halaman untuk memilih bahasa saat proses instalasi. Pilih bahasa sesuai keinginan, kemudian klik «Next»

Selanjutnya sistem akan memeriksa konfigurasi pada web server. Proses akan berjalan dengan baik apabila seluruh pemeriksaan sistem menunjukan tulisan «Proses» pada semua proses pemeriksaan.

Setelah itu klik tombol “Selanjutnya”. Maka akan ditampilkan bagian konfirmasi untuk letak aplikasi Moodle utuk Web Address, Moodle Directory dan Data Directory.

Bila Anda setuju pada konfigurasi tersebut, maka klik tombol Next.
Setelah itu akan ditampilkan pengaturan konfigurasi database. Saat ini aplikasi Moodle bisa digunakan pada database MySQL dan PostgreSQL. Pilihlah jenis database yang digunakan pada bagian Type. Isilah bagian Host Server, Database, Pengguna, Password dan Tables Prefix. Kemudian klik Selanjutnya.

Kemudian akan ditampilkan status server anda dan kebutuhan sistem aplikasi moodle. Klik tombol selanjutnya.

Setelah itu akan tampil halaman yang menawarkan kepada kita untuk mendownload paket bahasa yang kita pilih. Anda bisa klik tombol “Download the Indonesian (id) language pack” jika kita akan mendownload paket bahasa Indonesia, atau klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan proses instalasi.

Proses berikutnya adalah membuat file konfigurasi yaitu file config.php


Selanjutnya akan ditampilkan Lisensi untuk aplikasi Moodle. Bacalah aturan dan lisensi tersebut dengan baik. Jika Anda setuju klik tombol Yes.

Kemudian Moodle akan melakukan proses pembuatan tabel-tabel pada database baru. Ikutilah prose tersebut dengan klik tombol Continue.

Kemudian akan ditampilkan halaman untuk pengaturan konfigurasi situs aplikasi Moodle. Isilah konfigurasi situs tersebuat sesuai dengan keinginan Anda. Klik tombol Save Changes.

Halaman Pengaturan Administrator akan ditampilkan setelah proses pengaturan konfigurasi situs. Isilah password untuk Administrator dan data lain yang diperlukan.


Setelah itu aplikasi moodle telah terinstall pada web server anda.

0 komentar:

Posting Komentar